JURUSAN ADMINISTRASI NEGARA
Fakultas Administrasi Negara , ini salah satu yang saat ini jadi impianku, tapi bingung juga, soalnya, kalo masuk fakultas ini lowongan kerjanya di Pemerintahan,kalo swasta gak tau juga sih. haduh....aku mau masuk apa ya ? jadi ragu.....
sekedar buat info temen-temen yang pada tau yang dipelajari di Administrasi Negara itu apa?
1. Mata Kuliah Wajib Universitas
Kewarganegaraan, Agama, Pendidikan Pancasila, KKN
2. Mata Kuliah Wajib Fakultas
Sistem Sosial dan Politik Indonesia, Teori Organisasi, Pengantar Ilmu Politik, Ilmu Sosial Dasar, Metode Penelitian Sosial,
3. Mata Kuliah Jurusan
a. Mata Kuliah Wajib jurusan
Pengantar Ilmu Administrasi Negara, Manajemen Publik, Perencanaan
Pembangunan, Kebijakan Publik, Hukum Administrasi Negara, Etika
Administrasi Negara, Metode Penelitian untuk Administrasi, Teori
Administrasi Negara, Internship, Metode Kuantitatif,
b. Mata Kuliah Pilihan Jurusan (dan konsentrasi)
Evaluasi Kebijakan Publik, Studi Implementasi Kebijakan Publik,
Manajemen Proyek, Manajemen Lingkungan, Pembangunan Industri, Analisa
Dampak Sosial, Administrasi Perusahaan Negara, Pembangunan Perkotaan,
Pembangunan Pedesaan, Perilaku Organisasi, Manajemen Perubahan dan
Bencana, Kebijakan Kependudukan, Isue Kebijakan Otonomi Daerah, Sistem
Administrasi Negara, Metode Kualitatif, Manajemen Strategis,
Administrasi Pembangunan, Pembangunan Pariwisata, Sistem Informasi
Manajemen, Analisis Kebijakan Publik, Manajemen Sumber Daya Manusia,
Kepemimpinan, Manajemen Pelayanan, Organisasi dan Administrasi
Internasional, Pengembangan Organisasi dan Birokrasi, Pembangunan
Kelembagaan, Proses dan Teknik Pengambilan Keputusan, Patologi
Administrasi Negara, Ekonomi Kebijakan Publik, Pembangunan Pertanian,
Problema Pembangunan.
Di JIAN (Jurusan Ilmu Administrasi Negara)
ada 3 konsentrasi yang bisa diambil, yaitu Administrasi Pembangunan,
Kebijakan Publik dan Manajemen Publik. Jadi beberapa mata kuliah pilihan
jurusan ini akan menjadi wajib untuk masing – masing konsentrasi
tersebut.
c. Mata Kuliah Umum
Mata kuliah umum tu, biasanya ngambil mata kuliah dari jurusan lain,
atau bisa juga disebut lintas jurusan. Jadi dari AN bisa ngambil HI, IP,
Komunikasi, Sosiologi maupun Sosiatri bahkan lintas fakultas dengan
syarat – syarat tertentu^^, dan kita emang diharuskan buat ngambil 18
SKS untuk lintas jurusan dari total 146 SKS (termasuk skripsi) yang
harus diambil buat jadi dapet gelar S.I.P^^
HASIL contekannya Vita di salah satu blog anak Jurusan Administrasi Negara , huh Pusing banget, besok mau apa ya ? kok aku jadi ragu gini. (dikutip dari http://mutiaranisa.wordpress.com/2009/03/17/mata-kuliah-di-jurusan-ilmu-administrasi-negara-ugm/)
No comments:
Post a Comment